Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Zaman Praaksara?

TANYA.WISLAH.COM – Tulisan memuat jawaban dari pertanyaan “Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Zaman Praaksara?”

Zaman praaksara, juga dikenal sebagai zaman nirleka, adalah periode waktu dalam sejarah manusia di mana belum ada sistem tulisan yang ditemukan atau digunakan. Istilah “praaksara” berasal dari kata “pra” yang berarti “sebelum” dan “aksara” yang berarti “tulisan”. Zaman ini mencakup sebagian besar sejarah manusia, dimulai dari kemunculan manusia pertama hingga ditemukannya sistem tulisan di berbagai peradaban.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai zaman praaksara, termasuk ciri-ciri, periodisasi, kehidupan manusia, peninggalan-peninggalan, dan akhir dari zaman praaksara.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Zaman Praaksara?

Zaman praaksara adalah periode panjang dalam sejarah manusia ketika manusia belum mengenal tulisan. Periode ini berlangsung selama jutaan tahun dan berakhir ketika manusia mulai mengembangkan sistem tulisan, yang menandai awal dari zaman sejarah.

Ciri-ciri Zaman Praaksara:

  1. Tidak Ada Catatan Tertulis: Sumber informasi utama tentang zaman praaksara berasal dari peninggalan-peninggalan arkeologi, seperti alat-alat batu, fosil, dan lukisan gua.
  2. Kehidupan Sederhana: Manusia purba hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan bergantung pada berburu dan meramu untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
  3. Teknologi Sederhana: Alat-alat yang digunakan pada zaman praaksara terbuat dari batu, tulang, dan kayu. Teknologi pada masa ini masih sangat sederhana.
  4. Kepercayaan Animisme dan Dinamisme: Manusia purba umumnya menganut kepercayaan animisme (mempercayai roh-roh pada benda) dan dinamisme (mempercayai kekuatan gaib pada benda-benda tertentu).

Periodisasi Zaman Praaksara:

Zaman praaksara dibagi menjadi beberapa periode berdasarkan perkembangan teknologi dan budaya manusia, antara lain:

  1. Zaman Batu: Zaman ini dibagi lagi menjadi Zaman Batu Tua (Paleolitikum), Zaman Batu Tengah (Mesolitikum), dan Zaman Batu Muda (Neolitikum). Pada zaman batu, manusia menggunakan alat-alat dari batu untuk berburu dan meramu.
  2. Zaman Logam: Zaman ini dibagi menjadi Zaman Tembaga, Zaman Perunggu, dan Zaman Besi. Pada zaman logam, manusia mulai mengenal teknologi pengolahan logam untuk membuat alat-alat yang lebih baik.

Kehidupan Manusia pada Zaman Praaksara:

Manusia purba pada zaman praaksara hidup secara nomaden (berpindah-pindah) untuk mencari makanan. Mereka tinggal di gua-gua atau tempat-tempat perlindungan alami lainnya. Kegiatan utama mereka adalah berburu binatang dan mengumpulkan makanan dari alam.

Peninggalan-peninggalan Zaman Praaksara:

  • Alat-alat Batu: Kapak genggam, kapak perimbas, alat serpih, dan sebagainya.
  • Fosil Manusia Purba: Fosil Homo erectus, Homo sapiens, dan lainnya.
  • Lukisan Gua: Lukisan dinding gua yang menggambarkan kehidupan manusia purba, seperti berburu dan upacara ritual.

Akhir Zaman Praaksara:

Zaman praaksara berakhir ketika manusia mulai mengembangkan sistem tulisan. Perkembangan tulisan menandai awal dari zaman sejarah, di mana peristiwa-peristiwa dapat dicatat dan dipelajari secara lebih akurat.

Jadi, jawaban atas pertanyaan “Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Zaman Praaksara?” adalah:

Zaman praaksara adalah periode waktu dalam sejarah manusia di mana belum ada sistem tulisan yang ditemukan atau digunakan. Zaman ini ditandai dengan kehidupan manusia yang sederhana, teknologi yang masih terbatas, dan kepercayaan animisme dan dinamisme.

Related posts