Sebutkan dan Jelaskan Dua Bukti yang Mendukung Teori Gujarat?

TANYA.WISLAH.COM – Tulisan memuat jawaban dari pertanyaan “Sebutkan dan Jelaskan Dua Bukti yang Mendukung Teori Gujarat?“.

Teori Gujarat adalah salah satu teori yang menjelaskan tentang masuknya agama Islam ke Indonesia. Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Nusantara melalui para pedagang dari Gujarat, India, pada abad ke-13. Teori ini didukung oleh beberapa bukti sejarah, di antaranya:

1. Batu Nisan Sultan Malik al-Saleh:

  • Batu nisan Sultan Malik al-Saleh, pendiri Kerajaan Samudera Pasai di Aceh, memiliki bentuk dan gaya yang mirip dengan batu nisan yang ditemukan di Gujarat, India.
  • Batu nisan ini memiliki ciri khas berupa bentuknya yang ramping dan tinggi, serta dihiasi dengan kaligrafi Arab yang indah.
  • Kemiripan ini menunjukkan adanya hubungan budaya dan agama antara Samudera Pasai dengan Gujarat pada masa itu.

2. Batu Nisan Maulana Malik Ibrahim:

  • Batu nisan Maulana Malik Ibrahim, salah satu penyebar agama Islam di Jawa, juga memiliki kemiripan dengan batu nisan di Gujarat.
  • Batu nisan ini memiliki bentuk yang serupa dengan batu nisan Sultan Malik al-Saleh, yaitu ramping dan tinggi, serta dihiasi dengan kaligrafi Arab.
  • Kemiripan ini memperkuat dugaan bahwa Islam masuk ke Jawa juga melalui jalur perdagangan dengan Gujarat.

Jadi, jawaban atas pertanyaan “Sebutkan dan Jelaskan Dua Bukti yang Mendukung Teori Gujarat?” adalah:

Dua bukti yang mendukung teori Gujarat adalah batu nisan Sultan Malik al-Saleh di Samudera Pasai dan batu nisan Maulana Malik Ibrahim di Gresik. Kedua batu nisan ini memiliki kemiripan bentuk dan gaya dengan batu nisan yang ditemukan di Gujarat, India, menunjukkan adanya hubungan budaya dan agama antara Nusantara dengan Gujarat pada masa masuknya Islam ke Indonesia.

Related posts